potongan 10 Chatbot AI Terbaik untuk Bisnis & Situs Web (November 2023)
Terhubung dengan kami

Best Of

10 Chatbot AI Terbaik untuk Bisnis & Situs Web (November 2023)

Updated on

Chatbots adalah program komputer khusus yang dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui audio atau teks. Melalui penggunaan kecerdasan buatan (AI), chatbots dapat mensimulasikan manusia, dan teknologi terbaik seringkali tidak dapat dibedakan dari teknologi manusia.

Semakin banyak perusahaan yang menerapkan AI chatbots ke dalam proses bisnis mereka, dan mereka membantu memasarkan produk dengan lebih baik kepada pelanggan. Mereka sangat berharga untuk hampir setiap bisnis, tetapi terutama mereka yang ingin memandu pelanggan dan membuat mereka tetap terlibat. Di atas semua ini, chatbots dapat menciptakan kepribadian untuk suatu merek dan menghasilkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

Chatbots diharapkan menjadi pasar $1 miliar dalam beberapa tahun ke depan, dan sebagian besar bisnis akan menggunakannya dengan cara tertentu.

Ada banyak platform chatbot AI di pasar untuk bisnis dengan berbagai ukuran, dan setiap bisnis yang sukses harus mempertimbangkan untuk meningkatkan nilainya.

Berikut ini adalah 10 platform chatbot AI terbaik di pasar:

1. Basis obrolan

Cukup unggah dokumen Anda atau tambahkan tautan ke situs web Anda dan dapatkan chatbot mirip ChatGPT untuk data Anda. Kemudian tambahkan sebagai widget ke situs web Anda atau mengobrol dengannya melalui API.

Situs web WordPress akan memiliki waktu yang sangat mudah, dengan integrasi plugin yang memungkinkan Anda menambahkan chatbot Chatbase dengan mudah ke situs web Anda.

Platform ini menggunakan AI Generatif, dan kombinasi dari pemrosesan bahasa alami (NLP) dan Mesin belajar algoritma. Teknologi ini memungkinkan Chatbase untuk memahami dan menginterpretasikan permintaan pengguna, memberikan tanggapan yang akurat, dan terus meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu. Ini adalah alat yang ampuh untuk membangun chatbot cerdas.

Chatbase adalah opsi yang bagus karena beberapa alasan. Pertama, ini memungkinkan Anda untuk melatih ChatGPT pada data Anda sendiri, yang berarti Anda memiliki kendali atas pengetahuan dan respons chatbot Anda. Kedua, Chatbase menawarkan antarmuka yang ramah pengguna untuk membuat dan mengelola chatbot, membuatnya dapat diakses bahkan oleh mereka yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang luas.

Selain itu, Chatbase menyediakan opsi untuk penyesuaian dan integrasi dengan platform lain seperti WordPress, Zapier, dan Slack. Secara keseluruhan, Chatbase menawarkan solusi yang kuat dan fleksibel untuk membangun chatbot yang dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memberikan dukungan otomatis.

  • Analisis percakapan yang akurat dan pemahaman maksud pengguna
  • Kumpulan input dan respons pengguna untuk analisis alur percakapan
  • Kemampuan untuk mengumpulkan dan menyimpan atribut pengguna seperti alamat email dan nomor telepon
  • Integrasi dengan Zapier, Slack, dan WordPress untuk integrasi mulus ke dalam alur kerja yang ada
  • Integrasi masa depan dengan WhatsApp, Messenger, dan Shopify untuk jangkauan yang lebih luas
  • Pemanfaatan pemrosesan bahasa alami (NLP) dan algoritma pembelajaran mesin untuk kemampuan chatbot yang cerdas
  • Antarmuka yang ramah pengguna untuk pembuatan dan pengelolaan chatbot yang mudah
  • Opsi penyesuaian untuk menyesuaikan chatbot dengan kebutuhan khusus
  • Peningkatan berkelanjutan melalui pembelajaran mesin untuk meningkatkan kinerja dari waktu ke waktu.

2. mengobrol

Chatling memanfaatkan AI Generatif, untuk menawarkan chatbot AI yang dapat dilatih pada konten situs web Anda, dokumen, basis pengetahuan, dan sumber daya lainnya (secara otomatis).

Prosesnya persis seperti yang Anda bayangkan, masukkan sumber daya yang harus dilatih oleh chatbot. Anda dapat memasukkan situs web atau URL peta situs untuk chatbot untuk merayapi dan mencerna konten atau memasukkan teks, FAQ, dan lainnya secara manual. Anda dapat menambahkan sumber data sebanyak yang diperlukan. Chatbot akan menghabiskan semua sumber daya dan melatih dirinya sendiri.

Setelah data diserap, sesuaikan setiap aspek chatbot agar sesuai dengan branding Anda dan konfigurasikan sesuai kebutuhan Anda.

Chatbot akan dilatih dan siap mengobrol dengan pelanggan dalam hitungan menit. Tambahkan ke situs web Anda secara instan tanpa pengkodean apa pun.

Yang terbaik dari semuanya, lihat semua percakapan yang dilakukan pelanggan Anda dengan chatbot dan dapatkan wawasan tentang apa yang dicari pelanggan Anda dan bagaimana kinerja chatbot. Anda juga dapat menyempurnakan respons chatbot untuk meningkatkan akurasinya.

3. Lyro oleh Tidio

Tidio menawarkan solusi yang disederhanakan bagi bisnis untuk menambahkan chatbot ke situs web mereka. Secara instan, Anda dapat mengobrol dengan pelanggan dan menyelesaikan masalah mereka secara real-time. Itu juga memudahkan untuk menawarkan fasilitas seperti diskon khusus berdasarkan riwayat penelusuran. AI juga dapat membuat rekomendasi produk berdasarkan perilaku mereka.

  • Gunakan Lyro – AI percakapan – untuk menawarkan bantuan yang dipersonalisasi
  • Lyro belajar dari FAQ Anda dalam hitungan detik dan merumuskan jawaban kompleks untuk memecahkan masalah pelanggan Anda
  • AI tetap berada dalam batas basis pengetahuan Anda, dan Anda dapat memperbarui informasinya kapan saja
  • Lyro mudah diterapkan dan tidak memerlukan pelatihan
  • Gunakan lingkungan taman bermain sehingga Anda dapat melihat bagaimana Lyro akan menanggapi pertanyaan pelanggan dan menyesuaikan FAQ Anda
  • Anda dapat mengaktifkan AI dalam waktu kurang dari 3 menit dan mendukung pelanggan Anda 24/7
  • Anda dan audiens Anda dapat mencobanya dengan 50 percakapan gratis berbasis AI

4. Revchat

Revchat adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membangun chatbots mereka sendiri tanpa upaya pengkodean. Berikan dukungan instan 24×7 dengan chatbots untuk menangani semua permintaan pelanggan secara setara untuk meningkatkan penjualan & perolehan prospek bisnis Anda.

Berikan dukungan pelanggan otomatis dan konversi penjualan dengan chatbots, di bawah ini adalah beberapa fitur yang paling populer:

  • Bangun dan sesuaikan desain bot Anda sesuai kebutuhan bisnis Anda. Dengan nol pengkodean, izinkan tim Anda untuk membuat bot mereka sendiri dan segera membuatnya bekerja untuk keterlibatan pelanggan yang lebih baik.
  • Biarkan chatbot menangani volume percakapan yang lebih tinggi tanpa memengaruhi performa dukungan. Anda dapat dengan mudah menskalakan penjualan dan upaya dukungan pelanggan dengan menggunakan bot untuk bekerja untuk Anda 24×7.
  • Biarkan bot Anda menangani kueri dasar dan berulang serta arahkan percakapan kompleks ke agen/departemen yang tepat untuk memberikan respons yang lebih cepat pada kontak pertama.
  • Impor semua FAQ umum dan jawaban untuk melatih chatbot Anda. Melatih bot membantu memberikan jawaban yang lebih cepat dan efektif kepada pelanggan yang meningkatkan akurasi secara keseluruhan.
  • Kemudahan pemesanan janji temu untuk pelanggan Anda tanpa campur tangan manusia dengan menggunakan chatbots. Bantu mereka untuk menjadwalkan sendiri dan meningkatkan pengalaman pelanggan Anda secara keseluruhan.
  • Pelaporan lanjutan membantu mempelajari kinerja bot dengan metrik seperti waktu respons pertama, waktu resolusi rata-rata untuk mengidentifikasi metrik klien seperti pengunjung total, obrolan yang terlewatkan.

5. Botsify

Salah satu platform chatbot AI terkelola penuh terbaik di pasar, Botsify memungkinkan perusahaan meningkatkan kehadiran mereka di berbagai saluran. Anda dapat menggunakan platform tersebut untuk membuat chatbot untuk WordPress, WhatsApp, Telegram, dan berbagai platform lainnya.

Salah satu fitur utama Botsify adalah memungkinkan Anda mentransfer kueri antara bot dan perwakilan layanan pelanggan manusia, yang membantu menjamin pengalaman yang lebih baik.

Botsify sudah digunakan oleh banyak nama besar seperti Spotify, Toyota, dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Berikut adalah beberapa fitur utama Botsify:

  • 190+ bahasa tersedia
  • Mengizinkan chatbot di beberapa saluran
  • Dapat menyimpan data pengguna
  • Kemampuan analitik dan pelaporan
  • 100+ integrasi

Ada banyak kelebihan Botsifty, seperti strukturnya sebagai platform multi-saluran, pengelola akun khusus, dan opsi obrolan langsung. Karena itu, jika Anda ingin mengaktifkan tanggapan lanjutan, perlu ada beberapa pengkodean yang dilakukan terlebih dahulu.

6. Monyet Seluler

Pilihan bagus lainnya untuk platform bot obrolan AI adalah MobileMonkey, yang juga mengandalkan struktur multi-saluran. Perusahaan menggunakan MobileMonkey untuk memperluas pemasaran mereka ke pelanggan di platform seperti Instagram, Facebook Messenger, dan SMS.

Platform ini memungkinkan Anda mengatur peringatan melalui Slack, SMS, dan berbagai aplikasi lainnya. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan aplikasi bisnis seperti pemasaran email.

Berikut adalah beberapa fitur utama MobileMonkey:

  • Banyak saluran
  • Handoff obrolan langsung
  • Analisis bot obrolan
  • Ledakan obrolan untuk pemasaran SMS dan Facebook Messenger

MobileMonkey sangat berharga berkat bot multi-saluran dan dukungan pelanggan yang mengesankan, tetapi perlu waktu untuk mempelajari cara menggunakan platform ini.

7. Ebi.ai 

EBI.AI mengembangkan platform AI percakapan tingkat lanjut di mana asisten AI dapat melakukan berbagai tugas. Platform ini memberi Anda semua yang diperlukan untuk menyiapkan AI percakapan, seperti obrolan langsung dan integrasi dengan sistem lain.

Platform ini juga menyediakan tim spesialis di bidang desain percakapan, linguistik, dan psikologi, dan mereka dapat meninjau setiap percakapan asisten AI dengan pelanggan.

Berikut beberapa fitur utama EBI.AI:

  • live chat
  • Integrasi multi-sistem
  • Tim spesialis yang sangat berpengalaman
  • Keamanan tingkat bank

EBI.AI adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengembangkan asisten AI untuk berbagai tugas.

8. Giosg

Giosg adalah opsi teratas lainnya yang bertujuan untuk mengubah lebih banyak lalu lintas dengan bot penghasil prospek. Ini 4x lebih efektif daripada bentuk perolehan prospek statis apa pun, dan digunakan oleh lebih dari 1,200 perusahaan. Ini terlibat dengan prospek paling berharga secara online melalui penggunaan solusi pemasaran, penjualan, dan dukungan percakapan.

Platform ini juga menawarkan program perangkat lunak obrolan langsung yang memungkinkan Anda membuat dan mengelola basis pengetahuan tanggapan dengan mudah. Misalnya, Anda dapat menggunakan data pelanggan dan interaksi sebelumnya untuk menambahkan frasa baru.

Berikut adalah beberapa fitur utama Giosg:

  • Laporan visual terperinci
  • Integrasi dengan CRM dan perangkat lunak otomasi pemasaran
  • Gambar, video, GIF, dan emoji untuk AI chatbots
  • Lead capture-form dan pop-up

Perlu dicatat juga bahwa platform ini mudah digunakan dan tidak memerlukan pengalaman pengkodean apa pun, sehingga sangat berguna bagi mereka yang mencari implementasi yang lancar.

9. Chatfuel

Chatfuel adalah platform yang membantu Anda membuat AI chatbots untuk Facebook Messenger dan Instagram. Mirip dengan Giosg, itu tidak memerlukan pengkodean apa pun, dan menggunakan antarmuka drag-and-drop untuk membuatnya mudah didekati dan disesuaikan. Platform chatbot AI adalah salah satu yang paling berguna bagi mereka yang ingin mengimplementasikan teknologi ke dalam perusahaan mereka untuk pertama kalinya karena kesederhanaannya.

Berikut adalah beberapa fitur utama Chatfuel:

  • Antarmuka seret dan lepas
  • Analitik dasar
  • Penyiapan yang mudah
  • Terjangkau dibandingkan dengan platform lain

Chatfuel menawarkan berbagai paket berbeda dengan fitur tambahan seperti manajer akun khusus dan panduan pembuatan bot.

10. Obrolan ProProfs

Namun opsi lain yang tidak memerlukan keterampilan pengkodean apa pun, ProProfs Chat menyediakan perangkat lunak obrolan langsung untuk otomatisasi 24/7. Itu secara khusus dirancang untuk bisnis yang membutuhkan penjualan waktu nyata dan solusi dukungan untuk situs web mereka. Dengan Obrolan ProProf, Anda dapat membuat bot obrolan khusus yang mengonversi prospek, meningkatkan penjualan, dan mengotomatiskan penjualan.

Berikut adalah beberapa fitur utama Obrolan ProProfs:

  • Tidak diperlukan pengkodean
  • Munculan, salam yang disesuaikan, dan tur produk
  • Mengantisipasi pertanyaan pelanggan dan memberikan tanggapan
  • Integrasi yang mudah dengan aplikasi lain
  • Kemampuan analitik data

ProProfs memberi bisnis solusi dukungan pelanggan yang komprehensif dan merupakan opsi hemat biaya.

Alex McFarland adalah penulis berbasis di Brasil yang meliput perkembangan terbaru dalam kecerdasan buatan. Dia telah bekerja dengan perusahaan dan publikasi AI terkemuka di seluruh dunia.